Cara Membuat Donat Manual

Pendahuluan

Donat adalah salah satu camilan yang paling disukai oleh orang-orang di seluruh dunia. Donat memiliki rasa yang lezat dan dapat disajikan sebagai kudapan atau makanan penutup. Namun, banyak orang berpikir bahwa membuat donat adalah tugas yang sulit, tetapi sebenarnya tidak demikian. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat donat manual dengan mudah.

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai membuat donat, pertama-tama kita perlu menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan yang dibutuhkan:- 2,5 cangkir tepung terigu- 2 sendok makan gula pasir- 2 sendok makan ragi instan- 1/2 sendok teh garam- 1/2 cangkir susu hangat- 1/4 cangkir air hangat- 2 butir telur- 3 sendok makan mentega leleh- Minyak goreng secukupnya- Gula halus untuk taburan

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Roti Kukus yang Lezat

Cara Membuat Donat Manual

Langkah 1: Membuat Adonan Donat

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam pada mangkuk besar. Aduk rata.2. Tuangkan susu hangat, air hangat, mentega leleh dan telur ke dalam mangkuk adonan. Aduk dengan sendok kayu hingga semua bahan tercampur rata.3. Uleni adonan dengan tangan selama beberapa menit hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.

Langkah 2: Membentuk Adonan Donat

1. Letakkan adonan pada mangkuk besar dan tutupi dengan kain bersih. Diamkan selama 1 jam hingga adonan mengembang.2. Setelah adonan mengembang, giling adonan dengan rolling pin hingga setebal 1 cm.3. Gunakan cetakan donat untuk membentuk adonan menjadi donat. Letakkan donat di atas loyang yang telah dialasi dengan kertas roti.4. Diamkan donat selama 15 menit hingga donat kembali mengembang.

✅👉 TRENDING :  Cara Membuat Rendang yang Lezat dan Nikmat

Langkah 3: Menggoreng Donat

1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.2. Goreng donat yang telah diisi udara dalam minyak panas. Pastikan donat terselam sepenuhnya dalam minyak.3. Goreng donat hingga keemasan dan kemudian angkat donat dengan menggunakan sendok berpenjepit.4. Tiriskan donat pada kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih. Anda bisa menambahkan gula halus sebagai taburan di atasnya.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat donat manual di rumah tanpa harus menggunakan mesin donat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat donat yang lezat dan mengembang. Selamat mencoba!

✅👉 TRENDING :  Innama'al Usri Yusro: Membuat Hidup Lebih Mudah dengan Keyakinan

FAQ

1. Apakah saya dapat menggunakan ragi biasa?

Jawaban: Ya, Anda bisa menggunakan ragi biasa namun Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam adonan.

2. Apakah saya bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur untuk menggoreng donat?

Jawaban: Ya, Anda bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak sayur untuk menggoreng donat.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan adonan?

Jawaban: Adonan perlu diamkan selama 1 jam hingga mengembang.

4. Bisakah saya menambahkan rasa lain pada adonan?

Jawaban: Ya, Anda bisa menambahkan rasa lain pada adonan seperti vanila atau kayu manis.

5. Bagaimana cara mengisi donat dengan selai?

Jawaban: Gunakan alat pengisi donat untuk menambahkan selai ke dalam donat setelah selesai digoreng.