Cara Menulis Surat Lamaran Kerja untuk Sobat Teknogeo

Hai Sobat Teknogeo! Jangan bingung lagi saat hendak menulis surat lamaran kerja. Kami di sini, di Teknogeo, akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu Sobat Teknogeo menulis surat lamaran kerja yang sukses dan menarik. Berikut adalah 20 consecutive headings tentang cara menulis surat lamaran kerja:

1. Pahami Tujuan Surat Lamaran Kerja

Sebelum Sobat Teknogeo mulai menulis surat lamaran kerja, penting untuk memahami tujuan dari surat tersebut. Apakah Sobat Teknogeo ingin melamar posisi baru atau ingin bergabung dengan perusahaan yang baru? Pastikan tujuan dari surat lamaran kerja Sobat Teknogeo jelas.

2. Buat Daftar Kualifikasi yang Dimiliki

Sobat Teknogeo harus mengetahui kualifikasi apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. Bila sudah menemukan daftar kualifikasi yang dibutuhkan, buatlah daftar kualifikasi yang Sobat Teknogeo miliki. Hal ini dapat membantu Sobat Teknogeo menulis surat lamaran kerja yang lebih efektif dan menarik.

✅👉 TRENDING :  Cara Mengatasi 403 Forbidden Nginx

3. Buat Daftar Pengalaman Kerja atau Prestasi Terkait

Buatlah daftar pengalaman kerja atau prestasi yang terkait dengan posisi yang dilamar. Pengalaman kerja dan prestasi yang relevan dapat menjadi nilai tambah bagi Sobat Teknogeo dalam melamar pekerjaan.

4. Buat Perencanaan Sebelum Menulis Surat Lamaran Kerja

Pastikan Sobat Teknogeo membuat perencanaan sebelum menulis surat lamaran kerja. Hal ini dapat membantu Sobat Teknogeo mengorganisir pikiran dan ide-ide yang ingin diungkapkan dalam surat lamaran kerja.

5. Pilih Format Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Pilih format surat lamaran kerja yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Ada tiga jenis format surat lamaran kerja yang dapat Sobat Teknogeo pilih, yaitu format block, format semi-block, dan format modified block.

6. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan kata-kata yang berlebihan. Surat lamaran kerja tidak perlu menggunakan bahasa formal yang terlalu berat.

7. Buat Kalimat Pembuka yang Menarik

Pembukaan surat lamaran kerja harus menarik. Buatlah kalimat pembuka yang dapat menarik perhatian pihak HRD atau pihak yang membaca surat lamaran kerja Sobat Teknogeo.

8. Jelaskan Keahlian dan Pengalaman yang Dimiliki

Jelaskan keahlian dan pengalaman yang Sobat Teknogeo miliki secara rinci. Hal ini dapat membantu pihak HRD atau pihak yang membaca surat lamaran kerja Sobat Teknogeo memahami kelebihan Sobat Teknogeo.

✅👉 TRENDING :  cara reset printer epson l360

9. Sertakan Pengalaman Kerja Sebelumnya

Sertakan pengalaman kerja sebelumnya yang berhubungan dengan posisi yang dilamar. Hal ini dapat menunjukkan pengalaman dan kualitas kerja Sobat Teknogeo kepada pihak HRD atau pihak yang membaca surat lamaran kerja.

10. Sertakan Sertifikat atau Dokumen Pendukung

Sertakan sertifikat atau dokumen pendukung yang dapat menunjukkan kemampuan dan kualifikasi Sobat Teknogeo. Hal ini dapat meningkatkan nilai tambah dalam melamar pekerjaan.

11. Buat Kalimat Penutup yang Menarik

Buat kalimat penutup yang menarik. Kalimat penutup yang menarik dapat meninggalkan kesan yang baik dan membuat pihak HRD atau pihak yang membaca surat lamaran kerja mengingat Sobat Teknogeo.

12. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan penulisan dan tata bahasa. Kesalahan penulisan dan tata bahasa dapat mengurangi kesan profesional dari surat lamaran kerja.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

  1. Apakah maksimal panjang surat lamaran kerja?

    Idealnya, surat lamaran kerja sebaiknya sepanjang satu halaman atau kurang. Hindari membuat surat lamaran kerja terlalu panjang dan bertele-tele.

  2. Apakah perlu menyertakan foto dalam surat lamaran kerja?

    Tergantung kebijakan perusahaan yang dituju. Namun, sebaiknya Sobat Teknogeo menanyakan terlebih dahulu apakah perusahaan meminta untuk menyertakan foto dalam surat lamaran kerja atau tidak.

  3. Apakah harus menggunakan template surat lamaran kerja?

    Tidak harus. Sobat Teknogeo dapat membuat surat lamaran kerja sendiri tanpa menggunakan template. Namun, jika Sobat Teknogeo tidak terlalu familiar dengan format surat lamaran kerja, menggunakan template dapat membantu memudahkan dalam membuat surat lamaran kerja.

✅👉 TRENDING :  Cara Buat Cireng

Tabel: Contoh Format Surat Lamaran Kerja

Format Surat Lamaran Kerja Deskripsi Karakteristik
Format Block Format surat lamaran kerja yang paling umum digunakan. Margin kiri dan kanan sama, paragraf baru dimulai pada bagian kiri.
Format Semi-Block Format surat lamaran kerja yang mirip dengan format block, namun ada pengecualian. Margin kiri sama dengan format block, tetapi bagian awal setiap paragraf diindentasi.
Format Modified Block Format surat lamaran kerja yang mirip dengan format block, namun ada pengecualian. Margin kiri dan kanan sama, tetapi bagian awal setiap paragraf diindentasi.

Kesimpulan

Melamar pekerjaan dapat menjadi proses yang menantang. Namun, dengan mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang tepat, Sobat Teknogeo dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ingatlah untuk memahami tujuan surat lamaran kerja, membuat perencanaan sebelum menulis surat lamaran kerja, dan memilih format surat lamaran kerja yang tepat. Jangan lupa untuk memeriksa kembali kesalahan penulisan dan tata bahasa sebelum mengirimkan surat lamaran kerja. Semoga tips dan trik yang kami berikan dapat membantu Sobat Teknogeo dalam menulis surat lamaran kerja yang sukses dan menarik.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.