Cara Mendatangkan Barang dari Luar Negeri

Hai Sobat Teknogeo, pasti kamu pernah merasa kesulitan untuk mendapatkan barang impor yang tidak tersedia di Indonesia. Namun, jangan khawatir! Kami akan membahas cara mendatangkan barang dari luar negeri secara lengkap dan mudah dipahami. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pilih Jenis Barang yang Ingin Dibeli

Sebelum memulai proses pembelian, pertama-tama kamu harus menentukan jenis barang yang ingin dibeli. Apakah itu elektronik, pakaian, atau makanan? Pastikan juga untuk memeriksa apakah barang tersebut legal dan boleh diimpor ke Indonesia.

  • Elektronik
  • Apabila kamu ingin membeli elektronik, pastikan untuk memeriksa frekuensi listrik yang digunakan di negara asal barang tersebut. Hal ini penting untuk memastikan bahwa barang dapat digunakan di Indonesia.

  • Pakaian
  • Untuk membeli pakaian, pastikan untuk memeriksa ukuran dan jenis kain yang digunakan. Biasanya ukuran dan jenis kain yang digunakan di negara asal berbeda dengan di Indonesia.

  • Makanan
  • Apabila kamu ingin membeli makanan, pastikan untuk memeriksa apakah barang tersebut boleh diimpor ke Indonesia dan memeriksa tanggal kadaluarsa.

Pilih Platform Pembelian

Setelah menentukan jenis barang yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah memilih platform pembelian. Ada berbagai macam platform yang dapat digunakan untuk membeli barang di luar negeri, di antaranya:

  • Toko Online Internasional
  • Kamu dapat membeli barang dari toko online internasional seperti Amazon, eBay, dan Alibaba. Pastikan untuk memeriksa reputasi toko dan pembayaran yang diterima.

  • Forwarder
  • Forwarder adalah layanan yang membantu kamu untuk membeli barang dari luar negeri dan mengirimkannya ke Indonesia. Beberapa forwarder yang terkenal di Indonesia antara lain Shipito, MyUS, dan JNE.

  • Traveler
  • Kamu juga dapat membeli barang dari luar negeri dengan menggunakan jasa traveler. Traveler adalah orang yang pergi ke luar negeri dan membelikan barang sesuai dengan permintaan kamu. Namun, pastikan untuk mempercayai traveler yang terpercaya dan dapat diandalkan.

✅👉 TRENDING :  Cara Reset 3 Jari Samsung J5

Pilih Metode Pembayaran

Setelah memilih platform pembelian, kamu harus memilih metode pembayaran yang akan digunakan. Beberapa metode pembayaran yang umum digunakan antara lain:

  • Kartu Kredit
  • Penggunaan kartu kredit dapat menjadi pilihan untuk memudahkan proses pembelian. Namun, pastikan untuk memeriksa kebijakan penggunaan kartu kredit di negara asal dan apakah toko online yang kamu gunakan menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

  • PayPal
  • PayPal merupakan layanan pembayaran online yang umum digunakan di seluruh dunia. Apabila toko online yang kamu gunakan menerima pembayaran menggunakan PayPal, ini dapat menjadi pilihan yang mudah dan aman.

  • Transfer Bank
  • Apabila toko online yang kamu gunakan menerima pembayaran melalui transfer bank, kamu dapat menggunakan metode pembayaran ini. Pastikan untuk memeriksa kebijakan pembayaran di negara asal dan biaya transfer yang dikenakan.

Pilih Metode Pengiriman

Setelah pembayaran selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah memilih metode pengiriman. Beberapa metode pengiriman yang umum digunakan antara lain:

  • Pos Internasional
  • Pos internasional adalah layanan pengiriman barang dari negara asal ke Indonesia melalui jasa Pos Indonesia. Namun, pengiriman menggunakan Pos internasional membutuhkan waktu yang lama dan tidak ada jaminan keamanan barang.

  • Kurir Internasional
  • Beberapa kurir internasional terkenal di Indonesia antara lain DHL, FedEx, dan UPS. Kurir internasional dapat memberikan jaminan keamanan barang dan pengiriman yang cepat, namun biaya yang dikenakan juga lebih mahal.

✅👉 TRENDING :  Cara Melatih Suara

Periksa Bea Masuk dan Pajak

Sebelum barang tiba di Indonesia, pastikan untuk memeriksa bea masuk dan pajak yang dikenakan. Barang yang diimpor ke Indonesia dikenakan bea masuk dan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pastikan untuk memperkirakan biaya yang akan dikenakan agar tidak terkejut ketika barang tiba di Indonesia.

Lacak Pengiriman Barang

Setelah barang dikirim, pastikan untuk melacak pengiriman barang. Platform pembelian biasanya menyediakan nomor resi atau tracking number untuk melacak pengiriman barang. Dengan melacak pengiriman barang, kamu dapat memastikan bahwa barang telah dikirim dan dapat diambil di tempat yang ditentukan.

Ambil Barang di Kantor Bea Cukai

Setelah barang tiba di Indonesia, kamu harus mengambil barang di kantor Bea Cukai. Barang impor yang tidak diambil dalam waktu yang ditentukan akan dikembalikan ke negara asal. Pastikan untuk membawa dokumen impor yang diperlukan dan membayar bea masuk dan pajak yang dikenakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah barang yang diimpor ke Indonesia legal?

Pastikan untuk memeriksa apakah barang yang ingin diimpor ke Indonesia legal dan boleh diimpor. Beberapa barang seperti narkotika, senjata api, dan pornografi dilarang untuk diimpor ke Indonesia.

✅👉 TRENDING :  Cara Berhenti KB Suntik 1 Bulan

2. Apakah saya harus membayar bea masuk dan pajak?

Barang impor yang masuk ke Indonesia dikenakan bea masuk dan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pastikan untuk memperkirakan biaya yang dikenakan agar tidak terkejut ketika barang tiba di Indonesia.

3. Apakah pengiriman menggunakan Pos Internasional aman?

Pengiriman menggunakan Pos Internasional membutuhkan waktu yang lama dan tidak ada jaminan keamanan barang. Pastikan untuk memilih metode pengiriman yang aman dan dapat memberikan jaminan keamanan barang, seperti kurir internasional.

4. Apakah saya dapat mengembalikan barang yang tidak sesuai?

Pastikan untuk memeriksa kebijakan pengembalian barang sebelum melakukan pembelian. Beberapa toko online internasional menyediakan kebijakan pengembalian barang, namun terkadang biaya pengembalian ditanggung oleh pembeli.

5. Apakah saya dapat mengikuti status pengiriman barang?

Platform pembelian biasanya menyediakan nomor resi atau tracking number untuk melacak pengiriman barang. Dengan melacak pengiriman barang, kamu dapat memastikan bahwa barang telah dikirim dan dapat diambil di tempat yang ditentukan.

Kesimpulan

Memiliki barang impor yang langka atau tidak tersedia di Indonesia dapat menjadi hal yang menyenangkan. Namun, membeli barang dari luar negeri membutuhkan perencanaan dan persiapan yang matang. Dalam artikel ini, kami telah membahas cara mendatangkan barang dari luar negeri secara lengkap dan mudah dipahami. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mendapatkan barang impianmu!

Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!