Cara Buat Slime yang Mudah dan Menyenangkan

Hai Sobat Teknogeo! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan mainan yang lagi ngetrend di kalangan anak-anak maupun remaja, yaitu slime. Slime merupakan mainan yang terbuat dari bahan-bahan sederhana dan mudah didapat, serta bisa dibuat sendiri di rumah. Nah, pada artikel kali ini kami akan berbagi dengan kalian beberapa cara membuat slime yang mudah dan menyenangkan. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Pilih bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum mulai membuat slime, tentu saja kalian harus menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk membuat slime antara lain:

  1. Glue (lem putih)
  2. Borax
  3. Saline solution (Larutan garam)
  4. Sabun cuci piring
  5. Cornstarch (tepung maizena)
  6. Shampoo
  7. Baking soda
  8. Food coloring (pewarna makanan)

2. Pilih cara pembuatan slime yang sesuai

Terdapat beberapa cara pembuatan slime yang bisa kalian pilih, di antaranya:

  • Menggunakan lem putih dan borax
  • Menggunakan lem putih dan larutan garam
  • Menggunakan sabun cuci piring dan baking soda
  • Menggunakan shampoo dan cornstarch

3. Persiapkan alat dan tempat yang dibutuhkan

Selain bahan-bahan yang dibutuhkan, kalian juga perlu menyiapkan beberapa alat dan tempat yang dibutuhkan saat membuat slime, seperti:

  • Wadah
  • Sendok
  • Baskom
  • Plastik
  • Es batu
  • Meja kerja atau alas yang mudah dibersihkan
  • Lap atau tisu

4. Menyiapkan lem putih

Perhatikan bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat slime. Jika kalian memilih menggunakan lem putih, pastikan untuk memperhatikan takaran yang diperlukan. Umumnya, untuk membuat satu kali slime dengan ukuran sedang, kalian membutuhkan kira-kira 4 oz atau 120 ml lem putih.

✅👉 TRENDING :  Cara Kerja Jantung yang Harus Sobat Teknogeo Ketahui

5. Menyiapkan bahan lainnya

Setelah itu, kalian dapat menambahkan bahan-bahan lainnya sesuai dengan resep yang kalian pilih. Misalnya, jika kalian memilih menggunakan borax, tambahkan 1 sendok teh borax ke dalam air hangat dan aduk hingga terlarut. Jika menggunakan saline solution, tambahkan 1 sendok makan saline solution ke dalam lem putih dan aduk rata.

6. Mengaduk bahan-bahan tersebut

Setelah semua bahan-bahan tercampur rata, aduklah secara perlahan sampai semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan yang terbentuk. Jika kalian menggunakan lem putih dan borax, kalian perlu mencampurkan keduanya secara terpisah dan aduk hingga tercampur rata.

7. Tambahkan pewarna makanan

Jika kalian ingin membuat slime dengan warna yang lebih menarik, kalian dapat menambahkan pewarna makanan sesuai dengan keinginan kalian. Tambahkan sedikit-sedikit dan aduklah hingga warnanya tercampur rata.

8. Tambahkan es batu

Setelah bahan-bahan tercampur rata, tambahkan es batu ke dalam campuran tersebut. Es batu berfungsi untuk mengontrol kelembapan dan mencegah slime menjadi terlalu lengket. Aduk campuran tersebut secara perlahan selama beberapa menit hingga slime terbentuk.

9. Ulangi proses jika diperlukan

Jika hasil slime yang kalian buat tidak sesuai dengan yang diharapkan, kalian dapat mencoba kembali dengan takaran yang lebih tepat atau menggunakan cara pembuatan yang berbeda. Jangan menyerah dan terus mencoba hingga kalian mendapatkan hasil yang diinginkan.

10. Simpan slime dengan benar

Setelah slime terbentuk, pastikan untuk menyimpannya dengan benar supaya tidak cepat rusak atau berjamur. Simpan slime di dalam wadah yang kedap udara dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Jangan lupa untuk membersihkan alat dan tempat yang digunakan saat membuat slime.

11. Cara membuat slime dengan lem putih dan borax

Jika kalian ingin membuat slime dengan cara yang mudah dan cepat, kalian dapat menggunakan lem putih dan borax. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat slime dengan menggunakan bahan-bahan tersebut:

  1. Campurkan 4 oz atau 120 ml lem putih dan 1/2 cangkir air hangat ke dalam sebuah wadah
  2. Campurkan 1 sendok teh borax ke dalam 1/2 cangkir air hangat dalam wadah yang berbeda
  3. Aduk campuran lem putih secara perlahan sambil dituangkan campuran borax ke dalamnya untuk membuat slime. Aduk terus hingga slime terbentuk
  4. Tambahkan pewarna makanan dan aduk rata (jika diperlukan)
  5. Tambahkan es batu dan aduk selama beberapa menit sampai slime terbentuk dengan baik
✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Kehamilan

12. Cara membuat slime dengan lem putih dan larutan garam

Jika kalian tidak memiliki borax di rumah, kalian dapat menggunakan larutan garam sebagai pengganti. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat slime dengan menggunakan lem putih dan larutan garam:

  1. Campurkan 4 oz atau 120 ml lem putih dan 1/2 sendok teh saline solution ke dalam sebuah wadah
  2. Aduk campuran tersebut secara perlahan sampai tercampur rata
  3. Tambahkan pewarna makanan dan aduk rata (jika diperlukan)
  4. Setelah tercampur rata, tambahkan es batu ke dalam campuran tersebut dan aduk selama beberapa menit sampai slime terbentuk dengan baik

13. Cara membuat slime dengan sabun cuci piring dan baking soda

Jika kalian ingin mencoba cara baru dalam membuat slime, kalian bisa mencoba menggunakan sabun cuci piring dan baking soda. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat slime dengan menggunakan bahan-bahan tersebut:

  1. Campurkan 1 sendok makan sabun cuci piring dan 1 sendok makan baking soda ke dalam sebuah wadah
  2. Tambahkan 1 sendok makan air dan aduk campuran tersebut hingga tercampur rata
  3. Tambahkan pewarna makanan dan aduk rata (jika diperlukan)
  4. Tambahkan es batu dan aduk selama beberapa menit sampai slime terbentuk dengan baik

14. Cara membuat slime dengan shampoo dan cornstarch

Jika kalian ingin membuat slime yang lebih lembut dan tidak terlalu lengket, kalian bisa mencoba menggunakan shampoo dan cornstarch. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat slime dengan menggunakan bahan-bahan tersebut:

  1. Campurkan 1/2 cangkir shampoo dan 1/4 cangkir cornstarch ke dalam sebuah wadah
  2. Aduk campuran tersebut hingga tercampur rata
  3. Tambahkan pewarna makanan dan aduk rata (jika diperlukan)
  4. Tambahkan sedikit-sedikit cornstarch jika campuran masih lengket
  5. Tambahkan es batu dan aduk selama beberapa menit sampai slime terbentuk dengan baik
✅👉 TRENDING :  Cara Buat Empek Empek

15. FAQ tentang membuat slime

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membuat slime:

  1. Apakah slime berbahaya bagi kesehatan?
    Slime yang terbuat dari bahan-bahan yang aman dan dibuat dengan cara yang benar tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, jangan memakan atau menghirup slime, dan jangan biarkan anak-anak membuat slime tanpa pengawasan orang dewasa.
  2. Berapa lama slime bisa disimpan?
    Slime yang disimpan dengan benar dapat bertahan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung dari jenis bahan dan cara pembuatannya. Namun, pastikan untuk tidak menyimpan slime terlalu lama karena bisa membuat slime menjadi tidak baik dan berjamur.
  3. Bagaimana cara membersihkan slime yang menempel di tangan?
    Untuk membersihkan slime yang menempel di tangan, kalian bisa menggunakan air dan sabun atau baby oil. Jangan mencoba membersihkan slime dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.
  4. Apakah slime bisa dibuat tanpa menggunakan lem putih?
    Tentu saja! Selain menggunakan lem putih, kalian bisa menggunakan bahan lain seperti sabun cuci piring, shampoo, baking soda, atau cornstarch. Setiap bahan memiliki cara pembuatan yang berbeda, jadi pastikan untuk mengikuti resep yang tepat.

Kesimpulan

Membuat slime merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan bersama keluarga atau teman-teman. Dengan menyiapkan bahan-bahan yang sesuai dan mengikuti cara pembuatan yang tepat, kalian bisa membuat slime dengan mudah dan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi pengalaman kalian dalam membuat slime!

Sekian artikel tentang cara membuat slime yang mudah dan menyenangkan ini. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!