Cara agar Laptop Tidak Panas ini 100% Efektif

Cara agar Laptop Tidak Panas

Cara agar laptop tidak panas tidak banyak diketahui. Padahal bagi pemilik laptop, pengetahuan akan hal ini sangat penting. Apabila perangkat dibiarkan dalam kondisi panas, besar kemungkinan perangkat tersebut akan mengalami lag. Bahkan, terdapat beberapa hal dengan efek jauh lebih buruk daripada sekadar lag.

Efek buruk pertama adalah perangkat mati secara tiba-tiba. Ini terjadi karena suhu di dalamnya terlalu tinggi. Ketika kondisi mati secara tiba-tiba terjadi begitu sering, harddisk di dalamnya bisa saja mengalami kerusakan. Belum lagi efek lain yang tidak kalah buruk. Apabila suhunya sangat tinggi, part bagian dalamnya bisa saja rusak.

Selalu ingat bahwa RAM atau motherboard yang rusak memiliki harga sangat mahal ketika harus diganti. Apabila kamu ingin menghindari hal tersebut, tata cara mengontrol suhu sangat perlu dimiliki. jika melihat dari fungsi, terdapat beberapa cara dengan efektivitas paling tinggi. Berikut beberapa cara tersebut.

Tips dan Trik Atasi Laptop Cepat Panas

Bersihkan Kipas dan Gunakan Kipas Eksternal

Cara agar laptop tidak panas pertama adalah dengan memerhatikan kondisi kipas. Kipas merupakan perangkat utama dari laptop yang berfungsi sebagai mesin pendingin. Ketika kinerjanya sudah tidak optimal, besar kemungkinan suhu dari perangkat akan meningkat. Terdapat penyebab utama mengapa kinerja kipas bisa tidak optimal.

Hal tersebut adalah debu. Debu ini masuk karena tersedot oleh kipas tersebut. Masuknya debu ke dalam kipas merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Oleh sebab itu, pembersihan secara rutin perlu dilakukan. Sebagai jadwal terbaik, lakukan pembersihan setiap tiga bulan sekali.

Jika tidak bisa melakukannya sendiri, sewa saja jasa seorang ahli untuk melakukannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan kipas eksternal. Walaupun menyebabkan perangkat menjadi boros batre, keberadaan kipas eksternal sangatlah bermanfaat. Itu karena, keberadaannya bisa membuat tugas dari kipas bawaan menjadi lebih mudah.

Jangan Gunakan Perangkat di Sembarang Tempat dan Atur Kecepatan Kipas

Ketika menggunakan laptop, jangan sampai menggunakannya di sembarang tempat. Ini adalah salah satu cara agar laptop tidak panas yang sering dilupakan. Salah satu tempat paling buruk adalah di atas kasur atau di atas pangkuan. Ketika perangkat digunakan disana, sirkulasi udara di bagian bawahnya akan tertutup.

Hal tersebut jelas membuat keinginan untuk menurunkan suhu lebih sulit didapatkan. Selain itu, kasur juga memiliki banyak debu. Jika hal ini dilakukan secara sering, bisa saja debu-debu tersebut masuk ke dalam perangkat. Selain memerhatikan tempat penggunaan, mengatur kecepatan kipas juga penting.

Ketika kipas digunakan terlalu maksimal, kinerja CPU akan meningkat. Ini membuat peningkatan suhu akan terjadi. Kipas sebenarnya tidak perlu berputar terlalu cepat. Asalkan fungsinya optimal, kecepatannya berarti sudah pas. Untuk mengatur kecepatan kipas sendiri, gunakanlah beberapa aplikasi bantuan seperti SpeedFan.

Atur Kinerja Perangkat dan Jauhkan dari Panas

Mengatur kinerja perangkat juga sangat penting dalam cara agar laptop tidak panas. Beberapa orang sering melakukan kesalahan dengan memforsir penggunaan laptop terlalu sering. Ini bisa berefek fatal. Ketika penggunaan sebuah perangkat diforsir, peningkatan suhu sangat mungkin terjadi. Merupakan keputusan lebih tepat jika tidak menggunakannya lebih dari 4 jam.

Walaupun pekerjaan masih menumpuk, akan lebih baik jika mematikan perangkat terlebih dahulu. mematikannya sendiri tidak perlu terlalu lama. 15 menit sudah sangat cukup untuk pendinginan. Kalaupun tidak dimatikan, memilih fitur sleep juga bisa dijadikan pilihan. Jangan lupa juga untuk menjauhkan perangkat dari panas.

Beberapa orang sering menggunakan perangkat di luar rumah. Cara agar laptop tidak panas ini dilakukan untuk mendapatkan inspirasi baru. Ketika melakukan hal tersebut, pastikan agar perangkat tidak terkena sinar matahari langsung. Ini bisa menjadi alasan mengapa suhu tersebut meningkat secara tidak normal. sudah banyak kerusakan yang terjadi diakibatkan oleh hal ini.

Pilih Ruangan dengan Sirkulasi Udara Baik

Ketika menggunakan perangkat di dalam ruangan, perhatikan juga sirkulasi udara ruangan tersebut. Pastikan hanya menggunakan perangkat dengan kondisi sirkulasi udara yang baik. Jika sirkulasi udaranya buruk, usaha penurunan suhu akan menjadi lebih sulit. Untuk upaya minimum, pastikan untuk membuka jendela ketika menggunakannya di dalam kamar.

Jangan sampai asal ketika menggunakan laptop. Apabila asal dan suhunya meningkat, kerugian pasti sangat besar. Selalu ingat bahwa biaya perbaikan perangkat tidaklah murah. Hal tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan mudahnya menjalankan cara agar laptop tidak panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.