Kebiasaan Penyebab PC Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab PC Lemot

Penyebab PC lemot sebenarnya ada berbagai macam bahkan, kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak kita sadari bisa menjadi akar dari penyebabnya. Kamu mungkin juga sering mendapati PC yang tiba-tiba lemot, padahal ketika di cek, di dalam PC tidak ada virus yang bersarang.

PC merupakan perangkat yang dipergunakan untuk mendukung kegiatan komputerisasi, contohnya seperti bekerja hingga memainkan game. Pada mulanya, personal komputer hanya dipergunakan oleh orang-orang tertentu, tetapi dengan perkembangan zaman, PC sudah menjadi sebuah perangkat umum yang harus dimiliki.

Lemotnya PC tentu saja menjadi hal sangat menyebalkan, lebih-lebih hal tersebut terjadi ketika kita harus bekerja dan mengejar tenggat waktu. Penyebab lemotnya PC sebetulnya beragam, bisa terjadi karena hardware yang kita miliki sudah usang, atau dapat disebabkan karena berbagai hal lain.

Bahkan, kebiasaan yang kita lakukan ketika menggunakan PC tersebut juga dapat menjadi alasannya. Meskipun terlihat sepele, seperti jarang melakukan restart pada PC, hal ini ternyata memberikan dampak sangat besar pada kecepatan PC yang kamu miliki.

Kebiasaan Penyebab PC Lemot yang Tidak Disadari

 Tanpa kita sadari, ternyata sebenarnya ada berbagai macam hal yang membuat kecepatan PC menjadi berkurang untuk memproses data dan akhirnya menjadi lemot. Kebiasaan yang pertama seperti membuka banyak program dalam satu waktu sekaligus.

Jika kamu sering membuka banyak program diluar batas kemampuan RAM dari PC atau kapasitas RAM, PC bisa menjadi sangat lemot. Hal lainnya yang bisa membuat PC menjaadi lemot ialah aktivitas installing program, apalagi bila kamu hanya mempergunakan RAM berkapasitas kecil serta ruang penyimpanan HDD.

Kebiasaan penyebab PC lemot yang kedua ialah mengizinkan program startup menyala secara otomatis dalam jumlah banyak. Mengizinkan program menyala terlalu banyak secara otomatis ketika kamu menyalakan PC tentu saja akan semakin membebani kinerja dari prosesor.

Memang, program startup tersebut akan membebani PC mu pada awal menggunakan PC, namun tetap saja jika dilakukan secara terus menerus, hal ini akan membuat PC menjadi sangat lemot. Ketiga, tidak pernah melakukan restart PC. Mungkin penyebab komputer yang lemot ini terdengar begitu sepele, namun nyatanya benar-benar bisa menyebabkan PC menjadi lemot.

Mungkin kamu sering meninggalkan komputer dengan keadaan menyala selama beberapa waktu, entah agar membuatmu lebih mudah melakukan kegiatan atau memang karena untuk kebutuhan kerja. Hal ini bisa membuat RAM menjadi semakin berat. Sehingga restart menjadi langkah yang penting.

Kebiasaan keempat, terjebak tombol iklan. Mendownload film atau game gratisan tentu saja menjadi hal yang pernah dilakukan. Kamu pasti pernah menemui situs halaman yang mengandung banyak iklan dan menemukan kata-kata “download” di sana. Jika kamu salah memilih tombol download, dan mengarahkanmu ke situs asing, PC bisa kemasukan virus jahat.

Cara Mengatasi Penyebab PC Lemot

1. Spesifikasi PC

Ada beberapa cara untuk mengatasi agar PC tidak menjadi lemot. Pertama, ketahui kemampuan PC-mu. Kamu tentu tahu jumlah RAM pada spesifikasi PC yang kamu beli. Ketika menjalankannya dan membuka program, usahakan untuk membatasi jumlah program yang saat itu kamu buka. Jika memang kebutuhanmu sangat banyak, kamu bisa menambahkan ruang RAM.

2. Aplikasi yang Tidak Penting

Cara kedua, disable aplikasi yang tidak penting. Bila terlalu banyak startup yang membuka secara otomatis, kamu bisa mengatasinya dengan masuk ke dalam Task Manager kemudian pilih kolom startup dan disable berbagai aplikasi yang kurang penting. Cara ini akan menghentikan aplikasi tersebut terbuka otomatis ketika PC dinyalakan.

3. Restart PC

Cara ketiga, dengan melakukan restart secara berkala. Jika penyebab dari PC lemot karena tidak pernah melakukan restart PC, mulai dari sekarang kamu bisa mengurangi kebiasaan untuk menyalakan komputer selama berhari-hari tanpa henti dan lebih sering merestartnya sehingga kerja RAM tetap maksimal.

4. Antivirus

Cara keempat, memasang anti virus yang terbaik. Seperti yang sering dilakukan, kita pasti sering mengklik berbagai macam website, tidak jarang salah melakukan klik dan malah mengarahkan kita pada virus. Agar bisa mengatasinya, pastikan kamu memasang anti virus yang terbaik dan berhenti membuka website abal-abal.

Kebiasaan-kebiasaan di atas mungkin sangat sederhana, sayangnya sering kita lakukan dengan dalih lebih simpel, praktis atau malas. Jika tidak ingin PC mu terus menerus berubah menjadi sangat lemot, lebih baik mulai dari sekarang kamu menghindari kebiasaan penyebab PC lemot di atas, dan teratur melakukan perawatan PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.