Tips Membuat Android Semakin Ngebut dan Canggih

Tips Membuat Android Semakin Ngebut

Membuat Android semakin ngebut termasuk Android yang sudah lama sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Android merupakan sistem operasi populer yang banyak digunakan atau diadaptasi pabrikan ponsel. Bukan hanya itu, Android adalah jenis open source sehingga sangat mudah dikustomisasi.

Dari tahun ke tahun, Google memang sangat rajin merilis versi baru Android. Meskipun sebagai pecinta teknologi khususnya ponsel, kita tidak mungkin bukan terus menerus membeli ponsel baru setiap sistem operasi Android baru masuk. Selain bisa membengkakkan kantong, harga ponsel tersebut juga pasti tidak murah.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengakalinya adalah menjadikan ponsel lebih canggih dan “ngebut” dibandingkan dengan ponsel-ponsel standar lain. Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk merubah Android menjadi semakin canggih.

Tips Membuat Android Semakin Ngebut

Tips pertama, menggunakan Files Go dari Google. Files Go merupakan aplikasi yang dibuat oleh Google. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membersihkan penyimpanan file dan mengaturnya dengan mudah. Desain aplikasi ini juga sangat simpel sehingga kita lebih mudah menggunakannya.

Aplikasi ini memiliki 2 bagian yakni files dan storage. Kamu bisa menekan storage agar bisa melihat banyaknya ruang penyimpanan yang tersedia, dengan cara ini ruang penyimpanan menjadi semakin lapang dan Android akan menjadi lebih ngebut dibandingkan dengan biasanya.

Kedua, menghapus aplikasi yang tidak pernah digunakan. Membuat Android semakin ngebut sebetulnya sangat mudah. Kamu bisa menghapus aplikasi yang tidak pernah dipergunakan. Sejumlah perangkat yang mungkin tidak kamu butuhkan sering disematkan oleh vendor ponsel, sayangnya berbagai aplikasi tersebut malah tidak kamu gunakan.

Jika aplikasi ini terus menerus dibiarkan begitu saja, tentu akan membuat Android menjadi semakin lemot. Meskipun tidak bisa dihapus, kamu bisa menonaktifkannya. Kamu bisa memilih setting kemudian Apps dan pilih disable. Lakukan cara ini pada aplikasi yang diinstal tetapi tidak pernah digunakan.

Ketiga, pilih aplikasi yang ringan-ringan saja. Jika ponsel yang kamu miliki memiliki RAM dalam jumlah yang terbatas serta memori internal yang tidak begitu luas, usahakan memilih aplikasi-aplikasi yang ringan. Sekarang ini banyak developer yang merilis lite aplikasi sehingga bisa kamu gunakan namun tetap membuat ponsel ringan.

Terakhir, perhatikan background dengan baik. aplikasi-aplikasi di latar belakang sebenarnya sangat menguras daya baterai, bahkan bisa membuat Androidmu menjadi semakin lemot. Oleh sebab itu tidak ada salahnya secara rutin melakukan pemantauan dengan membuka pengaturan kemudian batterai.

 Setting yang akan Membuat Android Semakin Canggih

Selain anti lemot, ponsel yang canggih juga dibutuhkan. Ada beberapa setting yang akan membuat ponselmu menjadi semakin canggih. Pertama, setting membersihkan cache. Cache merupakan berkas sementara yang dipergunakan oleh aplikasi sehingga bisa berjalan lebih cepat saat dibuka.

Tetapi, jika dibiarkan begitu saja, cache semakin lama bisa menjadi semakin menumpuk hingga akhirnya terjadi penurunan peforma ponsel. Untuk dapat membersihkannya, kamu dapat membuka pengaturan, kemudian storage, dan free up space. Kamu juga dapat menggunakan fitur seperti storage manager versi Android.

Kedua, setting untuk mencari Android yang hilang. Untuk menghindari tidak terlacaknya Android atau kehilangan Android, kamu bisa melakukan antisipasi sedini mungkin. Kamu bisa menggunakan find my device yang dirilis oleh Google, kamu bisa mendownload kemudian mengaksesnya. Akses dengan menggunakan ID Google.

Jika sudah melakukan sign, nantinya kamu akan memperoleh akses agar bisa mengontrol mode seperti vibrate, silent dan lokasi ponselmu. Jika sudah memilih mode bunyi, kamu bisa menelepon nomor dan menemukan ponselmu. Bukan hanya untuk mengatur ring atau mode bunyi, kamu juga dapat menghapus data dengan aplikasi tersebut.

Terakhir, menggunakan Android sebagai CCTV. Untuk membuat Android sebagai CCTV kamu harus memasang aplikasi salah satunya seperti Alfred Camera. Agar bisa menjalankannya, kamu harus memiliki 2 ponsel, instal aplikasi kemudian lakukan setting dengan memasukkan akun Google. Pastikan akun Google yang digunakan sama.

Keterbatasan dana bisa membuat kita mejadi lebih canggih. Sepertinya tidak perlu setiap tahun melakukan pergantian ponsel hanya karena ingin merasakan ponsel yang lebih canggih, karena nyatanya dengan ponsel lama, kita tetap bisa membuat Android semakin ngebut dan canggih, bahkan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.