Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya adalah

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya adalah

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ….

Magnet yang dipotong

A. bagian b tidak memiliki kutub

B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

C. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja

D. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja

Jawaban :

B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

Penjelasan :

Dalam soal tersebut diketahui terdapat suatu magnet yang dipotong. Ditanyakan dalam soal tersebut kutub yang dihasilkan setelah magnet dipotong menjadi dua. Proses untuk dapat menemukan jawaban dari soal tersebut adalah dengan mendeskripsikan pengertian magnet dan kutub magnet sehingga dapat disimpulkan ketika magnet dipotong menjadi dua kutubnya berubah atau tidak.

Pengertian Magnet dan Macam-Macam Kutub Magnet!
Magnet atau magnit adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet juga dapat diartikan sebagai suatu benda yang memiliki gejala dan sifat yang dapat mempengaruhi bahan-bahan tertentu yang berada di sekitarnya.

Bagian magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar disebut kutub magnet. Magnet selalu mempunyai dua kutub. Hal ini dapat diketahui bila sebuah magnet batang dicelupkan ke dalam serbuk besi. Di bagian tengah (daerah netral) tidak ada serbuk besi yang melekat, sedangkan bagian ke ujung makin banyak serbuk besi yang melekat pada magnet.

Medan magnet adalah ruang di sekitar magnet yang gaya tarik/tolaknya masih dirasakan oleh magnet lain. Medan magnet pada umumnya mengitari bagian-bagian kutub magnet. Medan magnet terdiri dari garis-garis fluks imajiner yang berasal dari partikel bermuatan listrik yang bergerak atau berputar.

Contohnya partikel proton yang berputar dan pergerakan elektron yang mengalir pada kawat dalam bentuk sirkuit elektronik. Medan magnet pada sebuah batang magnet berbentuk garis tertutup. Melalui hasil konvensi, arah medan magnet keluar dari kutub utara (N) menuju kutub selatan (S).

Magnet punya keunikan tersendiri, yang mana Magnet yang memiliki kutub utara dan kutub selatan tidak akan kehilangan medannya apabila dipotong.

Magnet yang terpotong bukan menjadikan adanya dua buah magnet dengan kutub yang berbeda seperti muatan positif dan negatif yang ada di listrik. Terpotongnya magnet ini akan menciptakan dua buah magnet yang lebih kecil dari bentuk awalnya dan masing-masing memiliki medannya masing masing. Dua medan hasil potongan tersebut masing-masing tetap memiliki kutub utara dan selatan.

Selain memiliki kemiripan, arus listrik dan medan magnet memiliki keterhubungan. Hal itu bisa dilihat dari percobaan yang dilakukan oleh seorang profesor asal Denmark bernama Hans Christian Oersted. Dia melakukan percobaan dengan menggunakan kompas jarum dan kabel yang dialirkan arus listrik. Pada percobaan tersebut didapati bahwa ketika arus listrik dinyalakan, jarum kompas bergerak menyimpang dari arah asalnya.

Ketika arah dari arus listrik dibalik pun jarum kompas bergerak ke arah sebaliknya. Dari sini bisa disimpulkan bahwa arus listrik dapat menghasilkan medan magnet.

Sumber : Brainly
Mata Pelajaran : IPA SMP/MTs Kelas IX Semester 1, Bab 6. Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.