7 Langkah Awal dalam Mencegah Hepatitis Akut

7 Langkah Awal dalam Mencegah Hepatitis Akut

Hepatitis Akut Menyebar ke Indonesia

Penyakit hepatitis akut saat ini sedang melanda dunia dan diduga penyakit ini telah menyebar masuk ke Indonesia pada saat setelah tiga anak dilaporkan meninggal dunia dampak dari akibat terinfeksi penyakit misterius ini. Pemerintah melalui Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam rilisnya mengatakan untuk meminta masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan serta turut melakukan tindakan pencegahan dengan cara dimulai dari menjaga kebersihan pada diri sendiri.

“Virus ini menularnya lewat asupan makanan yang lewat mulut, jadi kalau bisa rajin cuci tangan saja supaya kita pastikan yang masuk ke anak-anak kita, kan ini menyerang banyak di bawah 16 tahun lebih banyak lagi di bawah 5 tahun, itu bersih,” Budi Gunadi Sadikin, Senin (09/05/2022)

Gejala Awal Hepatitis Akut

Pada umumnya gejala awal dari penyakit hepatitis akut ini menyerang pencernaan dengan gejala menjadi mual, muntah, sakit perut, diare, bahkan kadang disertai demam ringan. Apabila telah mengalami gejala yang semakin berat akan tampak pada air seni yang berwarna pekat seperti teh dan pada saat buang air besar akan berwarna putih pucat. Apabila hal ini terjadi, diharapkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat untuk dapat mengetahui penyebab dari gejala tersebut agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Pada saat ini diungkapkan oleh Menkes telah tercatat sebanyak 15 kasus dugaan atau suspek hepatitis akut, dan untuk tiga kasus pertama di Indonesia telah dilaporkan pada tanggal 27 April, pada saat beberapa hari setelah WHO menyampaikan adanya penyebaran penyakit ini di Eropa. Pemerintah sendiri telah berusaha melakukan pencegahan dini dengan membuat Surat Edaran (SE) tentang Kewaspadaan terhadap Penemuan Kasus Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis Of Unknown Aetiology)

Langkah Awal Dalam Pencegahan Hepatitis

Ikatan Dokter Anak Indonesia telah meminta masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan serta tetap menjalankan protokol kesehatan terutama pada saat berada di tempat umum dan keramaian. Hal ini tentunya memiliki peran terbaik bagi pencegahan penyakit ini dimulai dari diri sendiri untuk lebih disiplin dan dapat menjaga lingkungan tempat tinggalnya.

Berikut Cara Pencegahan Hepatitis :

1. Selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan
2. Minum air bersih yang dimasak dan matang
3. Mengonsumsi makanan yang bersih dan dimasak dengan matang
4. Membuang tinja dan/atau popok sekali pakai
5. Tidak meminjam peralatan makan orang lain
6. Tetap menggunakan masker serta menjaga jarak
7. Menghindari tempat keramaian dan kerumunan massa

Bagi ibu hamil dan melahirkan berikut cara dalam mencegah penularan hepatitis pada bayi diantaranya adalah dengan tetap rutin melakukan cek kesehatan selama kehamilan dan melahirkan, apabila didiagnosis positif hepatitis saat hamil segera konsultasikan dengan dokter spesialis hati atau dokter kandungan Anda untuk dapat mendapatkan pertolongan yang tepat serta untuk bayi segera berikan vaksin untuk pencegahan penyakit ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.