Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

sayuran buah-buahan

Para ibu hamil harus memperhatikan makanan yang sehat untuknya selama masa kehamilan sampai msuknya persalinan. Asupan makanan yang sehat sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan tubuh pada Ibu Hamil dan janinnya.  Pentingnya menjaga asupan gizi pada ibu hamil yaitu caranya sangat sederhana,  dengan selalu konsumsi makanan sehat pada Ibu Hamil.

Memantau setiap perkembangan dan pertumbuhan janin pada ibu hamil sangat penting. Baiknya dari itu selama menjalani kehamilan asupan nutrisi bagi ibu hamil harus tetap terjaga dengan baik. Setiap makanan yang dikonsumsi ibu hamil baiknya juga dengan memilih jenis makanan sehat yang tepat. Setiap  jenis makanan  yang ingin dikonsumsi harus melihat baik apa tidak tiap kandungan gizinya,untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Bagi Ibu hamil jangan sembarangan memilih makanan yang dikonsumsi. Untuk ibu hamil dianjurkan selalu mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gizi paling tinggi, contohnya terdapat pada sayuran hijau, buah-buahan segar dan lainnya. Selain itu juga kandungan nutrisi seperti kalsium dan protein sangat baik dalam proses pembentukan tubuh dan tulang janin. Pada ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan ynag mengandung asam folat. Kandungan nutrisi asam folat ini sangat baik, untuk menghindari adanya fisik yang cacat atau kelainan lainnya.

hamil

Ada beberapa kategori makanan sehat yang cocok buat ibu hamil.

Sayuran yang segar

Berbagai Sayuran yang segar baik untuk memenuhi proses pertumbuhan dan perkembangan janin. Pada sayuran banyak mengandung  vitamin, mineral, dan kaya akan serat. Sayuran dan buah-buahan dapat dkonsumsi setiap hari oleh Ibu Hamil untuk mejaga kesehatan tetap segar. Contoh  jenis sayuran segar seperti berikut :

  1. Bayam

Sayur bayam banyak mengandung vitamin A, asam folat, zat besi, kalsium , vitamin B kompleks, kalium, vitamin C, vitamin E. Adapun kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan pada ibu hamil dan janinnya selama masa kehamilan. Kandungan asam folat dapat mencegah cacat janin pada saat lahir. Selain itu juga asam folat juga bisa  mencegah adanya kelahiran premature dan preeklamsia pada calon bayi.

  1. Sayur Selada

Ternyata pada sayur selada kaya akan asam folat. Makanya, kandungan asam folat pada selada sangat dibutuhkan untuk janin agar terhindar dari kecacatan. Selain kandungan asam folat, selada juga memiliki banyak kandungan air yang bermanfaat untuk ibu hamil agar terhindar resiko dehidrasi.

  1. Brokoli

Sayur brokoli yang segar memiliki banyak macam kandungan didalamnya seperti vitamin A, kalsium, zat besi, vitamin C, dan serat. Sehingga brokoli merupakan salah satu pilihan sayuran sehat yang baik untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi brokoli juga dapat mencegah resiko timbulnya berat badan yang rendah pada bayi.

  1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, karotenoid, lutein, gula, folat, dan kalium. Tomat juga merupakan salah satu bahan yang dapat diolah menjadi berbagai varian makanan dan minuman sehat. Tomat juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil, karena mengandung asam folat yang bisa melindungi janin dari resiko cacat lahir.

Selain dari sayuran, jenis makanan sehat terdapat pada buah-buahan. Sering mengonsumsi buah-buahan dapat menambah asupan nutrisi pada ibu hamil agar dapat menjaga kekebalan tubuh pada ibu hamil dan kesehatan janinnya juga.

jenis buah-buahan yang segar untuk ibu hamil :

  1. Pisang

Buah pisang mempunyai kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat. Dengan mengonsumsi pisang dapat membantu meringankan rasa mual dan muntah pada ibu hamil.

  1. Mangga

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang cukup baik untuk melindungi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Hal tersebut, buah mangga termasuk jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Jeruk

jeruk mempunyai kandungan vitamin C tinggi dan antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu juga, jeruk mengandung asam folat yang bermanfaat untuk perkembangan janin.

  1. Alpukat

Alpukat mengandung Vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin B, dan serat yang kandungan nutrisi dapat diperlukan untuk ibu hamil. Selain itu juga alpukat mempunyai kandungan lemak sehat yang dapat membantu pertumbuhan jaringan tubuh, otak janin dan kulit bayi.

  1. Apel

Buah Apel memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin A, kalium, serat, dan vitamin C. Makanya buah apel salah satu daftar jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi pada ibu hamil.

Selain dari jenis makanan sehat pada sayuran dan buah-buahan untuk ibu hamil, terdapat juga beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu hamil seperti berikut :

  1. Daging

Daging tanpa lemak mengandung protein yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Namun, daging yang cocok dikonsumsi ibu hamil ialah daging tanpa lemak, seperti daging ayam, daging sapi, daging ikan salmon, dan sebagainya.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung sejumlah vitamin yang baik bagi ibu hamil, makanya baik buat dikonsumsi pada ibu hamil

  1. Umbi-umbian

Salah satu umbi-umbian yang baik untuk dikonsumsi pada ibu hamil ialah ubi. Pada ubi terdapat kandungan seperti vitamin A, sehingga ubi menjadi salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.