Twibbon Hari Ulang Tahun DKI Jakarta

monas di jakarta

Sejarah Peringatan Ulang Tahun Jakarta pada Tanggal 22 Juni

Daerah Ibu Kota Jakarta (DKI Jakarta) merupakan salah satu ibu kota dari negara Indonesia. Tampak  secara geografis, ibu kota Jakarta memiliki nilai luas sekitar 664,01 km² (lautan: 6.977,5 km²). Sedangkan pada wilayah Jabodetabek yang memiliki jumlah penduduk yaitu sekitar 28 juta jiwa. Ibu Kota Jakarta merupakan juga salah satu kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara.

Peringatan hari ulang tahun Kota Jakarta diperingati  pada tanggal 22 Juni. Diketahui adanya informasi yang dilansir dari laman resmi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Jakarta Pusat, bahwa peringatan hari ulang tahun Jakarta tersebut melalui penetapan oleh Sudiro, Sudiro ialah salah satu Wali Kota Jakarta yang pada masa jabatannya di periode 1953-1958. Hal demikian, Ia memberikan pendapatnya untuk perlu menyadari perbedaan peringatan hari ulang tahun Kota Jakarta dengan peringatan perayaan berdirinya Batavia yang kala itu telah dibentuk oleh Belanda.

Berdasarkan hal tersebut, adanya keinginan Sudiro dengan sejumlah para ahli sejarah yang terdiri dari Mohamad Yamin, Sukanto, beserta wartawan senior yaitu Sudarjo Tjokrosiswoyo yang meneliti bersama untuk membahas penetapan kapannya Jakarta yang didirikan oleh Fatahillah tersebut. Ketika saat itu Sudiro memiliki keyakinan kalau tahun berdirinya itu pada tahun 1527. Namun, sedangkan untuk hari, tanggal, dan bulan lahirnya Kota Jakarta itu masih perlu dipertanyakan. Akhirnya, Sudiro pun menyerahkan naskah tersebut yang berjudul ‘Dari Jayakarta ke Jakarta’ kepada Dewan Perwakilan Kota Sementara agar bisa dibahas bersama.

Dari naskah itu, Sudiro pun mendapat dugaan bahwa pada tanggal 22 Juni 1527 merupakan hari yang paling dekat pada saat dibangunnya Kota Jayakarta oleh Fatahillah. Kemudian Sudiro memberi usulan untuk tanggal tersebut sebagai berdirinya kota Jakarta. Sedangkan usulan pelaksanaan pada sidang pleno 22 Juni 1956 diterima oleh suara bulat. Setelah sidang tersebut, menetapkan tanggal 22 Juni 1527 sebagai berdirinya Kota Jakarta. Dari hasil penetapan tersebut, maka setiap tanggal 22 Juni diadakan sidang istimewa DPRD Kota Jakarta yang menjadi suatu tradisi dalam memperingati berdiri lahirnya Kota Jakarta.

Seperti Apakah Peringatan Upacara Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 ?

Berdasarkan informasi yang diperoleh dengan mengutip dari Instagram yang bernama Jakarta Hajatan, adanya informasi tersebut akan diadakan upacara peringatan hari ulang tahun Jakarta di Monas. Kegiatan upacara tersebut akan langsung dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kegiatan peringatan upacara ulang tahun Jakarta yang akan dimulai pada jam  07.00 WIB pagi hari. Selain itu juga bahwa pelaksanaan upacara peringatan hari ulang tahun Jakarta 2022 akan diadakan di Monas bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan diiringi juga secara daring melalui Live Streaming di channel YouTube Pemprov DKI Jakarta serta juga adanya Virtual Zoom. Selain kegiatan upacara bendera, ada juga beberapa kegiatan lainnya dalam rangka peringatan hari ulang tahun kota Jakarta pada tanggal 22 Juni 2022 tersebut.

Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Berikut Link Download Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Meriahkan Peringatan HUT DKI Jakarta ke-494 dengan menggunakan twibbon di status whatsapp atau foto profil di media sosial. Semoga DKI Jakarta menjadi lebih baik dan maju ke depannya.

Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Download

Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Download

Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Download

Download

Twibbon HUT DKI Jakarta ke-494

Download

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.