Cara Memutihkan Selangkangan dengan Alami tanpa Bahan Kimia

Hello Sobat Teknogeo! Kita semua ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya, tetapi beberapa area di tubuh kita lebih sulit untuk diperbaiki. Salah satunya adalah selangkangan yang sering kali mengalami hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit. Jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan membahas cara memutihkan selangkangan dengan alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang di klinik kecantikan atau membeli produk yang mahal.

Penyebab Selangkangan Gelap

Sebelum membahas cara memutihkan selangkangan, penting untuk memahami apa penyebab selangkangan gelap. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi warna selangkangan meliputi gesekan kulit yang berlebihan, kelembaban yang tinggi, ketidakseimbangan hormon, dan obesitas. Jadi, jika Anda ingin memutihkan selangkangan, Anda perlu menghindari faktor-faktor tersebut dan memperhatikan asupan makanan yang sehat.

Cara Memutihkan Selangkangan dengan Alami

1. Scrub Gula dan Lemon

Campurkan 2 sendok makan gula dan setengah buah lemon yang telah diperas menjadi pasta. Gosokkan ke area selangkangan dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Kandungan asam pada lemon dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi dan gula berfungsi sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Lidah Buaya dan Minyak Zaitun

Potong seutas lidah buaya dan ambil gelnya. Campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan aplikasikan ke area selangkangan. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lidah buaya mengandung aloin yang membantu memutihkan kulit dan minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Kentang dan Madu

Parut 1 buah kentang mentah dan campurkan dengan 1 sendok makan madu. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Kentang mengandung enzim yang dapat membantu memutihkan kulit dan madu berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan.

✅👉 TRENDING :  Cara agar Laptop Tidak Panas ini 100% Efektif

4. Susu dan Madu

Campurkan 2 sendok makan susu dengan 1 sendok makan madu dan aplikasikan ke area selangkangan. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Susu mengandung laktosa yang membantu memutihkan kulit dan madu berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan

5. Minyak Kelapa dan Lemon

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Aplikasikan ke area selangkangan dan pijat secara perlahan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Minyak kelapa dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu memutihkan kulit.

6. Yogurt dan Garam

Campurkan 1 sendok makan yogurt dengan 1 sendok makan garam dan aplikasikan ke area selangkangan. Gosokkan secara perlahan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mengangkat sel kulit mati dan memutihkan kulit, sementara garam berfungsi sebagai scrub alami.

7. Baking Soda dan Air Mawar

Campurkan 1 sendok makan baking soda dengan sedikit air mawar hingga membentuk pasta. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Baking soda membantu mengurangi hiperpigmentasi dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan air mawar berfungsi sebagai toner alami yang membantu menyegarkan kulit.

8. Kunyit dan Susu

Campurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dengan sedikit susu hingga membentuk pasta. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Kunyit mengandung kurkumin yang dapat membantu memutihkan kulit, sedangkan susu mengandung laktosa yang juga membantu memutihkan kulit.

9. Teh Hijau dan Lemon

Brew 1 kantong teh hijau dalam secangkir air panas dan tambahkan setengah buah lemon yang telah diperas. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke area selangkangan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan mengurangi hiperpigmentasi, sementara kandungan asam pada lemon membantu memutihkan kulit.

10. Pepaya dan Lemon

Haluskan beberapa potong pepaya dan campurkan dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memutihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu mengurangi hiperpigmentasi.

✅👉 TRENDING :  7 Dosa Internet Marketers Kenapa Gak Kaya-Kaya

11. Jus Tomat dan Lemon

Campurkan jus dari 1 buah tomat dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke area selangkangan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Tomat mengandung likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu memutihkan kulit.

12. Minyak Zaitun dan Madu

Campurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok makan madu dan aplikasikan ke area selangkangan. Pijat secara perlahan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Minyak zaitun dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sementara madu mengandung enzim yang membantu memutihkan kulit.

13. Alpukat dan Susu

Haluskan setengah buah alpukat dan campurkan dengan sedikit susu hingga membentuk pasta. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Alpukat mengandung vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sedangkan susu mengandung laktosa yang membantu memutihkan kulit.

14. Wortel dan Lemon

Haluskan beberapa potong wortel dan campurkan dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Wortel mengandung beta-karoten yang dapat membantu memutihkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu mengurangi hiperpigmentasi.

15. Gula dan Minyak Zaitun

Campurkan 1 sendok makan gula dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan aplikasikan ke area selangkangan. Gosokkan secara perlahan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Gula berfungsi sebagai scrub alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan memutihkan kulit, sementara minyak zaitun membantu melembabkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi.

16. Lidah Buaya dan Lemon

Ambil gel dari 1 daun lidah buaya dan campurkan dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lidah buaya mengandung aloin yang dapat membantu memutihkan kulit, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu mengurangi hiperpigmentasi.

✅👉 TRENDING :  Kebiasaan Penyebab PC Lemot dan Cara Mengatasinya

17. Telur dan Minyak Zaitun

Kocok 1 butir telur dan campurkan dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Telur mengandung protein yang dapat membantu meremajakan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sedangkan minyak zaitun membantu melembabkan kulit.

18. Kentang dan Lemon

Parut 1 buah kentang dan campurkan dengan setengah buah lemon yang telah diperas. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Kentang mengandung vitamin C dan enzim yang dapat membantu memutihkan kulit, sedangkan kandungan asam pada lemon membantu mengurangi hiperpigmentasi.

19. Minyak Kelapa dan Kunyit

Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan sedikit bubuk kunyit hingga membentuk pasta. Aplikasikan ke area selangkangan dan diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Minyak kelapa mengandung asam lemak tak jenuh dan antioksidan yang dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi, sedangkan kunyit mengandung kurkuminoid yang dapat membantu memutihkan kulit.

20. Minyak Biji Delima dan Madu

Campurkan 1 sendok makan minyak biji delima dengan 1 sendok makan madu dan aplikasikan ke area selangkangan. Pijat secara perlahan selama 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Minyak biji delima mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan mengurangi hiperpigmentasi, sedangkan madu mengandung enzim yang membantu memutihkan kulit.

Kesimpulan

Memutihkan selangkangan memang tidak mudah, namun dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita, hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah dan aman tanpa efek samping. Penggunaan bahan-bahan alami juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit selangkangan, sehingga selain memutihkan, kulit selangkangan juga terlihat lebih sehat dan lembut.

Namun, perlu diingat bahwa hasil yang didapatkan setiap orang bisa berbeda-beda tergantung dari kondisi kulit masing-masing. Penting untuk melakukan tes sensitivitas terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan bahan-bahan alami pada area selangkangan, dan pastikan untuk menghindari penggunaan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Teknogeo yang ingin memutihkan selangkangan secara alami dan aman. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya!