OLAHRAGA KHUSUS IBU HAMIL MUDA YANG MUDAH DILAKUKAN

hamil

Dengan melakukan aktivitas olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik selama masa kehamilan. Akan tetapi, tidak semua jenis olahraga bisa dilakukan ketika hamil, apalagi umur kandungan Anda masih muda. Hal ini perlu diperhatikan karena usia kehamilan yang masih muda rawan mengalami keguguran. Makanya Anda harus mengetahui apa saja Jenis olahraga yang baik dan cocok untuk ibu hamil muda. Anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh Anda agar berolahraga tidak memaksakan diri harus dengan durasi waktu yang lama. Anda bisa mengurangi durasi olahraga apabila mengalami gejala seperti mual, nyeri punggung dan kaki.

Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang cocok khusus ibu hamil muda dan juga hamil usia kandungan diatas trisemester untuk membantu kesehatan fisik dan mental pada ibu Hamil :

  1. Gerakan Yoga

Dengan latihan yoga bisa meregangkan dan memperkuat tubuh selama masa kehamilan. Selain itu juga, olahraga yoga dapat membantu melatih pernapasan yang nantinya bermanfaat ketika proses persalinan. Walaupun yoga banyak manfaatnya dan baik untuk kesehatan kehamilan Anda, namun hindari gerakan-gerakan yoga yang mengangkat kaki lebih tinggi daripada kepala Anda, gerakan putar perut, dan posisi Anda berbaring telentang yang buat Anda tidak seimbang.

  1. Senam

Anda bisa lakukan senam aerobik salah satu olahraga yang baik untuk ibu hamil muda dan hamil tua yang aman dilakukan. Adapun begitu, Anda disarankan baiknya lakukan gerakan senam aerobik yang low impact dan santai gerakannya.

  1. Senam Kegel

Olahraga lain yang diperbolehkan saat hamil muda yaitu senam kegel. Olahraga  senam kegel ini bermanfaat bisa memperkuat otot yang menopang rahim, vagina, usus, kandung kemih, dan organ perut lainnya juga. Selain berguna memperkuat otot, senam kegel dapat membantu menjaga kontrol fungsi pada kandung kemih serta mengurangi resiko adanya wasir. Olahraga senam kegel  dapat Anda lakukan yaitu dengan menekan otot kegel seperti menahan kencing dan menahan kontraksi selama 5 sampai 10 detik sebelum setelah itu mengendurkannya kembali. Kemudian ulangi sebanyak 10 -20 kali dan lakukan 3 – 4 kali perhari. Jangan lupa pastikan kandung kemih dalam keadaan kosong ketika melakukan senam kegel

  1. Jalan Santai

Salah satu olahraga yang sangat cocok untuk ibu hamil usia kandungan muda dan tua ialah jalan santai. Berjalan santai merupakan olahraga yang baik dan paling ideal serta mudah dilakukan. Olahraga dengan jalan santai dapat melatih kekuatan otot kaki Anda ketika hamil. Lakukan aktivitas jalan santai pada permukaan jalan yang rata diiringi bersamaan dengan mengayun-ayunkan lengan tangan Anda dengan lebar.

  1. Berenang

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu berenang. berenang bisa membantu meningkatkan aliran darah serta oksigen pada tubuh. Selain itu juga, olahraga berenang mampu mendorong kelenturan otot-otot tubuh Anda. Untuk diawal percobaan berenang ketika lagi hamil, Anda dapat mencoba berenang sebanyak 2 – 3 kali  dalam seminggu selama durasi 30 menit tiap satu sesinya. Apabila sudah terbiasa, Anda bisa menambah sesi berenang menjadi lebih dari 3 kali selama satu minggu. Walaupun olahraga renang baik untuk kesehatan fisik dan mental, akan tetapi, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan sebelum Anda melakukannya. Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan untuk mencegah risiko terjadinya keguguran atau bayi lahir dalam kondisi prematur.

  1. Sepeda Statis

Olahraga lainnya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil yaitu bersepeda. Agar terhindar dari risiko terjatuh atau cedera, maka sebaiknya hindari menggunakan sepeda yang konvensional. Adapun Anda bisa berolahraga dengan memakai sepeda statis. Dalam minggu pertama, lakukan olahraga sepeda selama 10 sampai 15 menit setiap sesinya. Apabila Anda sudah terbiasa, bisa menambah durasi latihan bersepeda menjadi 30 sampai 60 menit tergantung kemampuan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.