cara buat pizza

Cara Buat Pizza yang Lezat dan Mudah

Hai Sobat Teknogeo, siapa yang tidak suka pizza? Makanan yang satu ini bisa dibilang sebagai makanan favorit banyak orang. Memang sih, membelinya di toko pizza terdekat bisa jadi cara mudah untuk menikmatinya. Tapi, apakah Sobat Teknogeo tahu bahwa membuat pizza sendiri di rumah juga bisa menjadi alternatif yang menyenangkan? Tidak hanya itu, Sobat Teknogeo juga bisa mengeksplorasi berbagai rasa dan bahan yang ingin digunakan saat membuat pizza. Berikut ini kami akan membagikan cara membuat pizza yang lezat dan mudah.

✅👉 TRENDING :  Cara Mencari Persentase

Persiapan

  1. Siapkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, ragi instan, air, garam, gula, saus tomat, keju, dan topping lainnya sesuai selera.
  2. Cari resep yang tepat, atau Sobat Teknogeo bisa membuat resep sendiri dengan mengkombinasikan bahan-bahan favorit.
  3. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan, seperti mangkuk adonan, sendok, loyang pizza, dan oven.

Pembuatan Adonan

  1. Campurkan 1 ¾ cangkir tepung terigu dengan 1 sendok makan ragi instan, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok makan gula di dalam mangkuk adonan.
  2. Tambahkan 1 1/8 cangkir air hangat perlahan sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.
  3. Giling adonan di atas meja yang sudah ditaburi tepung terigu hingga adonan elastis dan tidak lengket.
  4. Letakkan adonan di dalam mangkuk yang telah dioles tipis minyak zaitun, dan tunggu selama 2 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
✅👉 TRENDING :  Cara Buat Kentang Goreng

Penyajian

  1. Panaskan oven pada suhu 450 derajat Fahrenheit.
  2. Oleskan saus tomat pada atas adonan dengan sendok atau spatula, dan jangan lupa untuk meninggalkan sedikit ruang pada tepi adonan.
  3. Tambahkan keju dan topping lainnya sesuai selera, seperti daging cincang, sayuran, dan jamur.
  4. Panggang pizza selama 12-15 menit atau hingga keju meleleh dan tepi adonan kecoklatan.

FAQ

1. Berapa lama adonan harus diistirahatkan?

Adonan harus diistirahatkan selama 2 jam hingga mengembang dua kali lipat.

2. Apakah topping boleh diganti-ganti?

Tentu saja! Sobat Teknogeo bisa menambahkan atau mengganti topping sesuai dengan selera. Namun, pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak topping sehingga tidak menyebabkan adonan pizza menjadi lembek dan tidak matang.

✅👉 TRENDING :  Cara Mencegah Penyakit Jantung

3. Bisa tidak menggunakan oven untuk memanggang pizza?

Bisa saja, Sobat Teknogeo bisa menggunakan panci anti lengket atau teflon yang dihangatkan terlebih dahulu di atas kompor. Namun, hasilnya tentu berbeda dengan pizza yang dipanggang di dalam oven.

4. Berapa lama waktu memanggang pizza?

Waktu memanggang pizza sekitar 12-15 menit atau hingga keju meleleh dan tepi adonan sudah kecoklatan. Waktu juga bisa disesuaikan dengan oven yang dipakai.

Itulah cara membuat pizza yang lezat dan mudah. Dengan membuat pizza sendiri di rumah, Sobat Teknogeo tidak hanya bisa menikmati makanan yang enak, tetapi juga bisa memperoleh pengalaman yang menyenangkan dalam memasak. Selamat mencoba dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.