Penyebab Ponsel Cepat Panas yang Harus Kamu Hindari

Penyebab Ponsel Cepat Panas yang Harus Kamu Hindari

Penyebab ponsel cepat panas pada dasarnya berbeda-beda sehingga solusi yang ditawarkan nantinya juga akan berbeda. Sebelum mengetahui solusi atau cara untuk mengatasi ponsel yang cepat panas, ada baiknya kita mengetahui penyebab mengapa ponsel mudah panas melalui artikel yang akan kita bahas bersama ini.

Ponsel yang cepat panas atau overheating tentu tidak nyaman untuk digenggam dan suhu yang terlalu panas bisa mengakibatkan masalah pada komponen dalam ponsel. Pada akhirnya, kerusakan bisa saja terjadi akibat overheating pada ponsel sehingga sebisa mungkin kamu menghindari penyebabnya berikut ini.

Bermain Game dalam Waktu yang Lama

Salah satu penyebab ponsel cepat panas adalah digunakan bermain game dalam waktu lama. Bermain game memang sangat menyenangkan hingga sering kali membuat kita lupa waktu. Itulah mengapa banyak orang bermain game hingga berjam-jam dan hal inilah yang menyebabkan overheating pada ponsel yang digunakan game.

Bukan hanya waktunya yang lama, aplikasi game umumnya juga membutuhkan performa tinggi dari ponsel karena intensitas dan inti pemrosesan pusat yang tinggi mengakibatkan ponsel harus bekerja lebih keras. Belum lagi adanya unit pemrosesan grafis pada game sehingga lama kelamaan ponsel akan terasa panas.

Melihat Konten Streaming Hingga Ponsel Panas

Menggunakan ponsel untuk menonton konten streaming juga menjadi penyebab ponsel cepat panas. Ternyata, bukan hanya bermain game yang bisa membuat ponsel mengalami overheating, tapi juga menonton konten streaming, seperti YouTube atau aplikasi lain. Apalagi jika waktu menontonnya cukup lama sehingga ponsel akan cepat panas.

Konten streaming membutuhkan data internet untuk bisa memuat video yang diinginkan. Tampilan video dapat tetap aktif dalam jangka waktu lama asalkan memiliki data internet. Kinerjanya yang semakin berat membuat mesin ponsel juga mudah panas, bahkan bisa mengakibatkan kerusakan komponen apabila suhunya terlalu panas.

Pengaturan Tidak Optimal yang Menyebabkan Ponsel Panas

Pengaturan ponsel yang tidak optimal juga bisa mengakibatkan ponsel cepat panas. Banyak hal yang bisa diatur melalui setelan atau pengaturan ponsel dan hal ini dapat memengaruhi jumlah energi yang dibutuhkan oleh ponsel. Misalnya saja, penggunaan wallpaper atau tingkat kecerahan layar dapat memengaruhi penggunaan daya baterai.

Umumnya, semakin tinggi tingkat kecerahan layar ponsel maka semakin besar juga energi yang dibutuhkan oleh ponsel sehingga semakin cepat panas. Oleh karena itu, pastikan kamu menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel pada tingkat yang bisa ditoleransi oleh mata karena terlalu gelap juga membuat penglihatan tidak nyaman.

Faktor dari Lingkungan yang Menyebabkan Ponsel Panas

Faktor lingkungan ternyata juga bisa menjadi penyebab ponsel menjadi mudah panas. Bayangkan saja jika suatu hari cuaca sedang panas dan ponsel terkena paparan sinar matahari sehingga ponsel juga akan mengalami overheating akibat faktor lingkungan atau lebih tepatnya akibat paparan sinar matahari.

Jika kamu terbiasa meletakkan ponsel di dalam mobil pada siang hari, maka ini bisa menjadi penyebab ponsel cepat panas. Untuk itu, mulai sekarang hindari kebiasaan buruk tersebut dan simpan ponsel pada tempat yang terhindar dari paparan sinar matahari agar tidak cepat panas.

Beberapa Aplikasi yang Butuh Update

Beberapa aplikasi yang terdapat di ponsel, sering kali harus kita update untuk mendapatkan performa yang lebih optimal. Sayangnya, banyak orang yang tidak memperbaharui aplikasinya karena kurang memperhatikan kondisi ponsel, padahal kondisi ini bisa mengakibatkan bug pada salah satu aplikasi yang ada di HP.

Apabila terjadi bug pada ponsel, maka bukan hanya menjadi penyebab ponsel cepat panas, tapi juga cukup menjengkelkan. Masalah ini membuat prosesor semakin keras dalam bekerja sehingga ponsel menjadi cepat panas. Itulah mengapa kamu harus melakukan pembaharuan aplikasi untuk mencegah terjadinya bug dan mengoptimalkan kinerja ponsel.

Software yang Butuh untuk Update

Bukan hanya aplikasi yang butuh pembaharuan, tapi juga software karena software yang belum diupdate atau diperbaharui juga mengakibatkan prosesor bekerja terlalu keras. Kondisi inilah yang membuat ponsel akan menjadi cepat panas dan pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada komponen ponsel yang lain, seperti baterai.

Setelah kamu mengetahui apa saja faktor penyebab dari ponsel yang cepat panas, maka kamu bisa memilih solusi seperti apa yang lebih tepat. Beberapa solusi memang bisa dilakukan sendiri, tapi ada kalanya kamu membutuhkan jasa service yang lebih ahli untuk mengetahui penyebab ponsel cepat panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.