Trik Menghindari Kecanduan Media Sosial Tanpa Meninggalkannya

Kecanduan Media Sosial

Berita mengenai orang atau komunitas mengalami kecanduan media sosial adalah hal yang umum terjadi saat ini. Kamu bisa menemukan dengan mudah artikel mengenai orang menerima dampak buruk disebabkan penggunaan medsos tidak kenal waktu. Bukan hanya buruk untuk dirinya sendiri, bahkan orang sekitarnya menerima efek negatif.

Berbagai efek negatif ini contohnya seperti kegiatan belajar terganggu sehingga nilai semakin hari terus tertinggal dan mengecil. Bisa juga mengalami dampak negatif dalam keuangan atau finansial karena meninggalkan pekerjaan utama. Jadi, menggunakan medsos tidak masalah tapi harus tahu trik supaya tidak kecanduan dan batasnya wajar.

Menghindari Kecanduan Media Sosial dengan Batasi Penggunaan dan Hobi Baru

Trik pertama yaitu kamu harus menyelidiki sebenarnya apa alasan sampai terlalu banyak menggunakan internet. Misalnya alau bukan buat kepentingan bisnis atau pekerjaan, pasti karena ingin melihat informasi atau video dalam internet. Selain itu ingin eksis juga termasuk alasan terbesar kita kesulitan menghindari medsos sehingga kecanduan.

Biar tidak mengalami kecanduan media sosial bisa dengan cara mematikan notifikasi terlebih dulu. Apalagi kalau disini kamu itu sering mengikuti artis atau publik figur terkenal. Disarankan untuk langsung membuka notifikasi tersebut, meski niatnya hanya melihat isi notifikasi selanjutnya scroll ke hal lain sampai kelupaan waktu.

Jangan lupa untuk terus membatasi diri sendiri dalam penggunaan medsos karena umumnya kecanduan berasal dari terlalu banyak masuk dan akses internet. Maka dari itu tidak bisa berhenti sama sekali meski sudah dalam keadaan capek. Harus mampu cari waktu terbaik dan membatasi misal 3 jam sehari.

Tidak masalah meski sedikit karena kamu dapat mencari hobi lain seperti menonton film dan fotografi. Kegiatan menonton film bisa dibilang tetap efektif membatasi kita masuk internet, tapi jangan pakai laptop tapi televisi saja. Lalu untuk fotografi lebih baik karena membuat jiwa tenang dan terlihat keren.

Menghindari kecanduan media sosial juga bisa dengan bermain alat musik atau bernyanyi. Keduanya ampuh membuat hari kita lebih terisi apalagi memainkan alat musik kesayangan bisa menghindarkan kita main media sosial terlalu banyak. Selain itu bernyanyi ternyata dapat melepas stres dan kalau berbakat mungkin dapat menghasilkan.

Rekomendasi lain adalah dengan memasak dan olahraga. Memasak tentu saja dapat melepas stres dan kegiatan buruk lainnya, apalagi ada kegiatan memotong dan mendengar bahan masakan digunakan terasa begitu menyenangkan. Sementara itu olah tubuh seperti olahraga berat juga dibutuhkan karena paling efektif menghindarkan diri dari kecanduan.

Menghapus Akun dan Fokus Pada Sekitar

Tips lainnya yaitu kamu harus lebih sedikit menggunakan gadget karena umumnya meski tidak membuat medsos, kita masih bermain smartphone atau laptop untuk kegiatan lain. Misalnya dipakai buat bermain game dan menonton film atau mengerjakan job. Disinilah kita semakin sulit meninggalkannya sehingga harus meminimalisir pemakaian gadget.

Kalau ingin lebih efektif lagi direkomendasikan menghapus atau nonaktifkan akun. Bisa dibilang mungkin hal ini cukup sulit untuk dilakukan banyak orang, terutama jika sudah memiliki banyak pengikut atau like dalam jumlah besar. Tapi kalau sudah memperburuk atau merugikan diri sendiri, tidak ada salahnya dilaksanakan segera.

Kecanduan media sosial juga dapat teratasi dengan cara detoks yang ternyata sudah direkomendasikan oleh dokter atau psikiater. Umumnya dalam dunia kesehatan lebih diartikan sebagai pengeluaran racun atau zat berbahaya dari dalam tubuh. Tapi detoks disini berarti selalu mengumpulkan gadget waktu berkumpul bersama teman atau keluarga.

Hasilnya kamu bisa lebih fokus pada alam dan sekitar dan kita bakal lebih banyak berkomunikasi sama keluarga atau teman. Pasti memungkinkan diri lebih akrab sehingga tidak merasa sendiri dan penuh dengan kehangatan. Mendekati alam juga penting di mana membuat hati dan pikiran terasa lebih lowong.

Memperbanyak tingkat sosialisasi dengan orang sekitar

Selanjutnya dapat memperbanyak tingkat sosialisasi dengan orang sekitar atau teman. Apalagi umumnya jika lewat online, kita menggunakan FaceTime atau fitur video call lainnya saja. Memang mampu membuat kita bersosialisasi, tapi kesannya berbeda apabila berbicara secara langsung sama seseorang.

Bila kamu melaksanakan dan memahami semua trik serta saran diatas, maka mengalami over dalam penggunaan medsos tidak akan terjadi dalam hidup. Selanjutnya bisa menghindari berbagai macam efek negatif bila terlalu banyak aktif diinternet. Jadi, wajib diketahui oleh semua orang supaya tidak mengalami kecanduan media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.