Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan dan Cara Pendaftarannya

Daftar Perguruan Tingg _Kedinasan dan Cara Pendaftarannya
image source : google.com

Awal bulan April ini, BKN mengumumkan bahwa sudah terdapat beberapa daftar perguruan tinggi kedinasan yang siap untuk membuka pendaftaran baru. Informasi tersebut disampaikan melalui laman resmi BKN dan media sosialnya.

Adanya kabar gembira tersebut merupakan peluang bagi para lulusan SMA sederajat untuk segera mendaftarkan dirinya. Hingga kini, sekolah kedinasan masih menjadi sasaran favorit para pelajar dibandingkan beberapa sekolah negeri lainnya.

Salah satu alasannya adalah karena adanya potensi ikatan dinas setelah selesai menempuh pendidikannya. Tentunya memperoleh kesempatan berkarier di bagian pemerintahan mengurangi kekhawatiran mencari lapangan pekerjaan.

Adanya kondisi pandemi serta persaingan pencari kerja yang tinggi, tentunya memperoleh kesempatan menjadi ASN setelah lulus sangat menggiurkan. Namun perlu persiapan matang, karena persaingannya banyak ditambah cukup ketat berkompetisi.

Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan yang Membuka Registrasi

Pada tahun ini per April, terdapat beberapa sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran calon mahasiswa. Pembukaan pendaftarannya melalui BKN pada laman https://sscasn.bkn.go.id/. Berikut daftar sekolah dinas yang telah membuka pendaftaran.

  1. PKN STAN

Merupakan sekolah dari kementerian keuangan, bidang prodinya melingkupi akuntansi, perpajakan, dan berbagai bidang keuangan lainnya. Setiap tahun peminatnya semakin tinggi, karenanya calon mahasiswa harus benar – benar menyiapkan.

Pada tahun ini seleksi masuknya sedikit berbeda, untuk proses seleksinya menggunakan nilai dari UTBK. Maksimalkan pada tes Skolastik, Saintek, soshum, atau campuran, sehingga peluang bersaingnya semakin tinggi.

  1. IPDN

Daftar perguruan tinggi kedinasan dari Bandung yaitu Institut Pemerintahan Dalam Negeri sangat digemari. Membidik berkarier menjadi kader pemerintahan, IPDN menjadi pilihan sekolah terbaik. Terdapat jenjang diploma IV hingga Sarjana.

Untuk menjadi birokrat berkarakter serta memiliki semangat ilmuwan, sistem pendidikannya mengadopsi semi militer. Fisik beserta mental akan ditempa, sehingga mampu menghasilkan pribadi tangguh, jujur, serta fokus pemecahan masalah.

  1. STIS

Merupakan sekolah tinggi dengan fokus pada mengolah atau mengelola komputasi data – data statistik. Merupakan bagian dari Badan Pusat Statistik dengan misi mengembangkan lulusan berkarakter serta kompeten dibidangnya.

  1. STIN

Apabila tertarik untuk bergabung dengan Badan Intelejen Negara, STIN adalah pilihan yang tepat. Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa, dapat melalui dua jalur, yaitu jalur umum atau jalur talent scouting.

  1. STMKG

Salah satu kedinasan dengan bidang pengamatan terhadap gejala – gejala meteorologi dan geofisika adalah STMKG. Prospek pekerjaan kedepannya selain menjadi ASN adalah peneliti, perekayasa, atau Dosen.

Cara Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Alur pendaftaran menuju sekolah kedinasan sedikit berbeda dari pendaftaran perguruan tinggi negeri lainnya. Pendaftarannya melalui portal BKN yaitu melalui laman sscasn.bkn.go.id. Berikut langkah – langkah pendaftarannya :

  1. Membuat akun pada SSCASN

Tentunya untuk mampu mendaftar melalui portal BKN, harus memiliki akunnya terlebih dahulu. Siapkan data seperti NIK serta data diri lainnya. Pendaftarannya sederhana, tinggal memilih menu registrasi pada halaman utama.

Isikan berbagai data – data diri secara benar, Anda akan diminta memasukkan email dan password serta pertanyaan keamanan. Catatlah agar tidak lupa karena dapat digunakan sebagai pemulihan ketika lupa passwordnya.

  1. Melengkapi Data – Data

Setelah registrasi selesai, langkah selanjutnya adalah mengisikan data – data diri secara lengkap. Mulai dari biografi, bukti swafoto, mengisi nilai, dan data – data lainnya. Input datanya cukup banyak, sehingga harus fokus dan tidak tergesa – gesa.

  1. Memilih Formasi

Pilihlah formasi sesuai dengan keinginan serta prospektus karier yang diinginkan. Isikan instansi atau formasi yang diinginkan. Lengkapi dengan data seperti nilai, nomor ijazah. Pilih juga lokasi tes yang memungkinkan Anda ikuti.

  1. Mengunggah Dokumen

Apabila terdapat persyaratan mengunggah dokumen pendukung, segera unggah dokumennya. Pastikan format file, ukuran file, dan filenya lengkap. Apabila ragu setelah melakukan proses upload, bisa meninjau ulang kirimannya dengan memilih tombol “lihat”.

  1. Memastikan Seluruh Data Valid

Sebelum mengakhiri proses pendaftaran periksalah terlebih dahulu kelengkapan serta kebenaran datanya. Apabila sudah yakin, akhiri pendaftaran dan akan memperoleh file informasi akun dan kartu pendaftaran sebagai buktinya.

Persiapan Sebelum Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Setiap kesuksesan terpilih menjadi mahasiswa pada perguruan tinggi kedinasan terdapat upaya dan persiapan matang di baliknya. Salah satunya adalah mempersiapkan kematangan dan kemampuan akademisnya.

Beberapa PTK memiliki tingkat seleksi lebih ketat dibandingkan PTN ternama. Cobalah membeli buku Latihan soal tentang PTK yang dibidik. Apabila kesulitan belajar mandiri, bisa menggunakan jasa tutor untuk berdiskusi dan mengembangkan kemampuan.

Intinya adalah perbanyaklah mengerjakan Latihan soal, sebisa mungkin mencoba berbagai jenis soalnya. Sehingga kreativitas dalam memecahkan masalah, memahami masalah, dan mencari solusi atas permasalahannya terbuka lebih lebar.

Kebugaran fisik juga harus dijaga, terlebih apabila mengambil sekolah dengan sistem pendidikannya semi militer. Pastikan olahraga teratur serta konsumsi gizi seimbang setiap harinya, dengan demikian tidak hanya fisiknya bagus, tetapi kesehatannya juga terjaga.

Cobalah bergabung pada komunitas atau kelompok belajar yang ingin memasuki PTK sama. Selain mendapatkan jaringan baru, juga memperoleh tambahan informasi mengenai pembukaan pendaftaran dan cara daftar perguruan tinggi kedinasan.

Beberapa hari sebelum dimulai seleksi, usahakan pikiran dan tubuh dalam kondisi baik. Hindari kegiatan – kegiatan yang menekan fisik dan psikologis, percayalah pada proses belajar Anda. Dengan pikiran dan fisik sehat, konsentrasi juga meningkat.

Tips Sukses Berkuliah di Daftar Perguruan Tinggi Kedinasan

Meskipun sudah masuk menjadi mahasiswa PTK, namun tidak akan menjamin ketika lulus mendapatkan kesempatan diangkat menjadi ASN. Kebutuhan tenaga kerja senantiasa terbatas, sedangkan lulusannya lebih banyak, sehingga muncul persaingan.

Salah satu langkah agar sukses dalam menjalani masa perkuliahan adalah fokus pada belajar. Belajar tidak hanya sekedar tekstual saja, melainkan menggali berbagai keterampilan lapangan, menganalisis masalah, dan menemukan solusi masalahnya.

Kerjakan setiap tugas atau kewajiban dengan sebaik – baiknya, tidak masalah apabila di awal – awal perkuliahan belum mendapatkan prestasi gemilang. Akuilah kekurangan Anda, kemudian cobalah perbaiki kelemahan tersebut selama masa kuliah.

Cobalah membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak, rekan kelas bukanlah saingan melainkan mitra dan partner belajar. Dengan relasi yang baik dan besar, meskipun tidak direkomendasikan sebagai ASN, namun hubungan baik tetap terjaga.

Menjadi bagian dari sekolah kedinasan merupakan sebuah kebanggaan dan keinginan banyak calon mahasiswa. Dengan mempelajari persyaratan daftar perguruan tinggi kedinasan, mampu mempersiapkan diri agar bisa lolos seleksi.

 

Selain daftar diatas, berikut Perguruan Tinggi Ikatan Dinas Lainya yang patut dicoba, diantaranya

1. Politeknik Siber dan Sandi Negara (PoltekSSN) yang dinaungi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

2. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP) dan Politeknik Imigrasi (POLTEKIM) yang dinaungi Kementerian Hukum dan HAM

3. Politeknik Statistika STIS yang dinaungi Badan Pusat Statistik (BPS)

4. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang dinaungi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

5. Sekolah yang dinaungi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terdiri atas:

  • Transportasi darat

Polteknik Transportasi Darat Indonesia atau PKDI STTD

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan atau PKTJ

Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan atau Poltrans SDP

Politeknik Perkeretaapian Indonesia atau PPI

Politeknik Transportasi Darat atau Poltrada.

  • Transportasi laut

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Malahayati

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Sumatra Barat

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Banten

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Surabaya

Politeknik Pelayaran atau Poltekpel Barombong.

  • Transportasi udara

Politeknik Penerbangan Indonesia atau PPI

Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Surabaya

Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Makassar

Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Medan

Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Palembang

Politeknik Penerbangan atau Poltekbang Jayapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.